Sabtu, 10 Maret 2012

BELAJAR FISIKA DAPAT MEMPERINDAH HATI MANUSIA


BELAJAR FISIKA DAPAT MEMPERINDAH  HATI MANUSIA
(QS. Ali Imran (3) : 190-191)
Oleh : Suyuti, S.Pd.,M.Si.(SMAN 1 Marioriwawo Soppeng Sul-Sel)

Mengapa Belajar Fisika Dapat Memperindah  Hati Manusia? Jawabannya karena semakin belajar Fisika, semakin bertambah keimanan kita, semakin belajar fisika,  maka hati kita akan semakin indah karena alam merupakan obyek belajar Fisika sangatlah indah. Jika Allah menghendaki, maka keindahan alam itu akan masuk ke dalam hati yang mempelajarinya. 
Keindahan alam akan menumbuhkan kesuburan iman dalam hati orang-orang yang beriman. Esensi keindahan alam beserta isinya diciptakan Allah SWT adalah untuk dijadikan alat  mengabdi kepada-Nya semata.  
Jadi sungguh durhaka orang yang menyembah ala m ini, karena yang berhak disembah adalah yang menciptakan ala mini yaitu Allah SWT
Mengapa hati bisa gemetar dengan belajar fisika? Ternyata rahasinya karena alam sebagai obyek belajar Fisika merupakan  ayat-ayat Allah, sehingga mendengarkan ayat-ayat Allah akan gemetarlah hati orang-orang yang beriman dan jika mereka membaca/dibacakan  ayat-ayat  Allah, maka bertambahlah iman mereka.  
Subehanallah, Maha  Benar Allah dengan segala Firman-Nya
Betul-betul  Fisika itu indah, keindahan fisika seindah alam semesta yang diciptakan oleh yang Maha Indah , yaitu Allah SWT.  Semua gejala alam semesta adalah obyek Fisika yang tersusun serapi-rapinya dengan penuh keseimbangan super prima sesuai dengan esensi diciptakannya.  Semua yang diciptakan Allah SWT penuh dengan hikmah, tidak ada yang sia-sia. Mari kita cermati Arti Firman  Allah berikut ini!
QS. Ali 'Imran (3) : 190-191
Semakin saya membaca Fisika di alam ini, maka saya semakin terus yakin bahwa keindahan Fisika berada di mana-mana, di seluruh ciptaan Allah SWT. Mari kita terus memgkaji keindahan Fisika agar keindahan Fisika ini dapat mengukir hati kita semua sehingga semakin belajar Fisika, maka semakin Indah pula hati kita, semakin taat pula hati kita kepada sang pencipta yang Maha Indah. 

Untuk meningkatkan kesuburan iman di hati, maka mari kita membahas Firman Allah berikut ini !
24. Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu[605], ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya[606] dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.
[605]. Maksudnya: menyeru kamu berperang untuk meninggikan kalimat Allah yang dapat membinasakan musuh serta menghidupkan Islam dan muslimin. Juga berarti menyeru kamu kepada iman, petunjuk jihad dan segala yang ada hubungannya dengan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

[606]. Maksudnya: Allah-lah yang menguasai hati manusia
 

Tidak ada komentar: