Sabtu, 18 Agustus 2012

SEPULUH FITRAH MANUSIA


SEPULUH FITRAH MANUSIA HIDUP DI DUNIA

(KANDUNGAN HADITS RASULULLAH SAW)
Oleh:Suyuti (SMAN 1 Marioriwawo Soppeng Sul-Sel)

Fitrah (kesucian) adalah pembawaan manusia yang tak bisa dilepaskan dalam hidup ini. Inti fitrah itu adalah beriman kepada Allah. Cermati firman Allah dalam QS. Ar Ruum (30) : 30 yang artinya berikut ini!

"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui[1168],

1168]. Fitrah Allah: maksudnya ciptaan Allah. Manusia diciptakan Allah mempunyai naluri beragama yaitu agama tauhid. Kalau ada manusia tidak beragama tauhid, maka hal itu tidaklah wajar. Mereka tidak beragama tauhid itu hanyalah lantara pengaruh lingkungan.

Islam disebut  juga  Agama fitrah, agam kesucian.
Islam sangat memperhatikan  kebersihan  (bahagian dari iman) dan kesucian dan hal ini disukai oleh kesehtan.  Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri (QS. 2 : 222)
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah (terbaik) di setiap (masuk) masjid (tiap hendak shalat)
Al-Hadits:

Dari Abu Hurairah ra. Katanya: Sabda Rasulullah Saw.: ”Ada lima perkara yang termasuk fitrah (kesucian), yaitu istihadhah, khitan, mencukur kumis, mencabut rambut ketiak dan memotong kuku)(HR. Jamaah)
Dari A’Aisyah ra. Katanya: Sabda Rasulullah Saw. : ” Ada sepuluh perkara yang termasuk fitrah, yaitu: mencukur kumis,membiarkan (memelihara)  tumbuh janggut, bersiwak (gosok gigi), menghirup air ke dalam hidung (istinsyaq), memotong kuku, membersihkan sendi-sendi tangan dan kaki, mencabut rambut ketiak, mencukur rambut kemaluan dan bercebok.”
Perawi hadits , Mush’ab bin Syaibah menagatakn:
Saya lupa yang kesepuluh itu, kalau tak salah berkumur ( HR. Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan  Ahmad)Ahmad


Istihdad  : membersihkan rambut kemaluan, dalam hal ini  mencukur rambut kemaluan
Menurut mufakat ulama, istihdad hukumnya sunnah, selain merupakan kebersihan yang memelihara seseorang dari berbagai macam penyakit dan radang. Rambut kemaluan dapat ditempeli oleh najis sehingga bisa menjadi sarang bibit-bit penyakit.  Itulah pentingnya dihilangkan rambut kemaluan tersebut.
Lebih utama bagi wanita agar mencabut rambut kemaluannya karena yang demikian akan lebih bersih, lagi pula kemaluan lelaki tak suka terhadap sisa-sisa cukuran. Dan syahwat perempuan itu sekian kali lipat syahwat lelaki. Jadi dengan mencabut rambut kemaluan nya ., syahwat akan bisa terkurangi, sedangkan kalalu dicukur akan semakin kuat. 
Semoga manfaat, wassalam. 

Tidak ada komentar: