Teori Relativitas Khusus
QS. Al-hajj (22) : 47; 29: 14; 32:5; 97:3
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
2. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
A.
Kompetensi
Dasar
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.7 Menjelaskan fenomena perubahan panjang,
waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dengan energi dalam
teori relativitas khusus |
4.7
Mempresentasikan konsep relativitas tentang panjang, waktu, massa, dan
kesetaraan massa dengan energi |
B.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. |
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1. |
3.7.1. Menjelaskan perbedaan teori relativitas klasik dan teori relativitas modern 3.7.2. Menjelaskan konsep kecepatan relatif dikaitkan dengan kerangka acuan dan
kesetaraan massa dengan energi dalam teori relativitas khusus 3.7.3. Menjelaskan konsep perubahan panjang, waktu, dan massa
dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dengan energi dalam
teori relativitas khusus 3.7.4. Menjelaskanbeberapa contoh penerapan konsep perubahan
panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan
massa dengan energi dalam teori relativitas khusus |
4.7.1. Menyusun makalah tentang konsep relativitas tentang panjang, waktu,
massa, dan kesetaraan massa dengan energi 4.7.1. Mempresentasikan konsep relativitas tentang
panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan energi 4.7.1. Melaporkan hasil presentasikan konsep relativitas
tentang panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan energi |
KEGIATAN
LITERASI
Aktivitas awal Peserta Didik dalam
mempelajari Materi ini Yaitu melaksanakan kajian
literatur dari berbagai sumber. Melalui kajian literatur dan atau pengamatan,
maka dengan selalu memohon/mengharapkan pertolongan ALLAH diharapkan peserta
didik dapat menjawab pertanyaan berikut :
1.
Tuliskan minimal 5 ayat firman Allah yang berhubungan dengan materi bab ini!
2.
Jelaskan
perbedaan teori relativitas klasik dan
teori relativitas modern !
3. Jelaskan konsep kecepatan
relatif dikaitkan dengan kerangka acuan
dan kesetaraan massa dengan energi dalam teori relativitas khusus
4. Menjelaskan konsep perubahan panjang,
waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan kesetaraan massa dengan
energi dalam teori relativitas khusus
5. Jelaskanbeberapa contoh penerapan
konsep perubahan panjang, waktu, dan massa dikaitkan dengan kerangka acuan dan
kesetaraan massa dengan energi dalam teori relativitas
6. Susunlah makalah tentang konsep relativitas tentang panjang, waktu, massa,
dan kesetaraan massa dengan energi
7. Presentasikan makalah anda tentang
konsep relativitas tentang panjang, waktu, massa, dan kesetaraan massa dengan
energisederhana !
A. Relativitas Newton
Relativitas
sudah dikenal sejak jamannya Newton.Relativitas ini berasal dari kata relatif.
Suatu gerak relatifberarti suatu gerak yang tergantung pada suatu acuan
tertentu.Acuan itulah tempat suatu pengamat dan pengamatsendiri dapat memiliki
dua kemungkinan yaitu pengamat diam dan pengamat bergerak. Dalam kaitannya
denganvektor relatif itu berarti selisih vektor. Pada relativitas Newton, semua
besaran akan samasaat diukur oleh pengamat yang diam maupun pengamatyang
bergerak. Besaran yang berubah hanyalah
ecepatanrelatif dan berlaku persamaan berikut.
Gbr. 3.1: Gerak relatif |
dengan vx’ = kecepatan relatif benda terhadap
pengamatbergerak
vx = kecepatan relatif
benda terhadap pengamat diam
v
= kecepatan pengamat bergerak terhadap pengamat diam
Contoh 1.1: Sebuah kereta api
bergerak dengan kecepatan
150 km/jam. Pada saat itu Ardi berlari di atas
kereta dengan kecepatan 10 km/jam searah kereta.
Berapakah kecepatan Ardi tersebut
menurut orang yang berada di dalam kereta api dan orang yang
berdiri di stasiun ?
Penyelesaian: Gerak benda dan acuan
pada soal ini dapat digambarkan seperti pada Gambar 9.1. Stasiun relatif
diam menjadi kerangka acuan O dan kereta api sebagai kerangka acuan O’ dengan
kecepatan tetap v terhadap O (stasiun)
v = +150 km/jam; vx’ = +10 km/jam
a. Kecepatan Ardi
relatif terhadap kereta api adalah: vx’ = +10 km/jam
b. Kecepatan Ardi
terhadap stasiun adalah vx , besarnya memenuhi:
vx = v + vx’ = 150 + 10 = 160 km/jam
Latihan 1A
1. Sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 100
km/jam. Pada saat itu Ardi berlari di atas kereta dengan kecepatan 8 km/jam
searah kereta. Berapakah
kecepatan Ardi tersebut menurut orang yang berada di dalam kereta api
dan orang berdiri di stasiun ?
2. Sebuah pesawat perang terbang meninggalkan bumi dengan
kecepatan 1200 km/jam. Pada saat itu pesawat melepaskan rudal dengan kecepatan
200 km/jam searah pesawat. Berapakah kecepatan rudal tersebut menurut orang
yang berada di bandara lepas landas pesawat tersebut?
3.
2. Percobaan Michelson - Morley
Sebelum
Maxwell mengusulkan teori tentang cahaya adalah gelombang elektro-magnetik yang dapat merambat tanpa
medium, para ilmuwan Fisika berpandangan bahwa semua gelombang membutuhkan
medium dalam merambat. Muncul teori tentang hipotesa eter yang menjadi medium pada jagat raya ini. Mechelson dan
Morley bekerja sama untuk membuktikan hepotesa itu ternyata hasilnya eter tidak
ada. Dari hasil percobaannya Mechelson dan Morley malah menemukan suatu fakta baru.
Fakta itu adalah cahaya memiliki kecepatan yang tetap dan sama untuk semua
pengamat. Pada saat diukur dengan pendeteksi diam maupun relatif bergerak
kecepatan cahaya terukur sebesar c = 3. 108 m/s. Perhatikan
Gambar 9.2. Cahaya yang melalui pemantul cermin I maupun cermin II ternyata
memiliki kecepatan sama terbukti tidak ada perbedaan waktu dari kedua gerakan
itu.
Gambar 3.2. Percobaan Michelson - Morley
Latihan 1A
1.
Seseorang yang
berlari dengan kecepatan konstan 5 km/jam melewati sebuah tugu. Pada saat yang
bersamaan seorang pengendara sepeda melewatinya dengan kece-patan 15 km/jam.
Berapakah kecepatan sepeda relatif terhadap orang yang berlari ?
2.
Jelaskan apakah hasil
percobaan Michelson dan Morley memiliki hubungan dengan relativitas Newton dan Einstain.
Dasar apakah yang dapat dijelaskan dari percobaan ini !
B. Relativitas
Einstain
I. Postulat Einstain
Masih
ingat percobaan Michelson dan Morley ?Hasil percobaan Michelson dan Morley
itulah yang telahmeletakkan dasar dua postulat Einstein. Kedua postulattersebut
kemudian menjadi dasar teori relativitas khusus.Kedua postulat itu adalah :
Postulat pertama, hukum fisika dapat dinyatakan dalampersamaan yang
berbentuk sama dalam semua kerangkaacuan inersia.
Postulat kedua, kecepatan cahaya dalam ruang hampasama besar untuk
semua pengamat, tidak tergantung darikeadaan gerak pengamat itu. Ke. cahaya di ruanghampa sebesar c = 3.108 m/s.
Dengan
dasar dua postulat tersebut dan dibantusecara matematis dengan transformasi
Lorentz, Einstaindapat menjelaskan relativitas khusus dengan baik. Hal
terpentingyang perlu dijelaskan dalam transformasi Lorentzadalah semua besaran
yang terukur oleh pengamat diamdan bergerak tidaklah sama kecuali kecepatan
cahaya.Besaran -besaran yang berbeda itu dapat dijelaskan sepertidibawah.
2. Akibat Postulat
Einstain
Pada
postulat Einstain telah dijelaskan bahwa besaran yang tetap dan sama untuk
semua pengamat hanyalah kecepatan cahaya berarti besaran lain tidaklah sama.
Besaran - besaran itu diantaranya adalah kecepatan relatih benda, panjang benda
waktu, massa dan energi.
a.
kecepatan relatif :
vx = (V’x+V)(1 + VVx/c2) …………………………………7.2
dengan : vx = kecepatan benda relatif terhadap pengamat diam (m/s)
vx’ = kecepatan benda
relatif terhadap pengamat bergerak (m/s)
Gambar 3.3:
Contoh. 3.2:Sebuah pesawat ruang
angkasa bergerak dengan kecepatan 0,6c meninggalkan bumi. Dari pesawat tersebut
ditembakkan peluru dengan kecepatan 0,5c (c = kecepatan cahaya diruang hampa).
Tentukan kecepatan peluru menurut pengamat di bumi jika arah peluru searah
pesawat !
Penyelesaian: v = 0,6 c; vx’ = 0,5 c; Gerak benda dan kerangka acuan (pengamat)
dapat digambarkan seperti pada Gambar 9.3 v dan vx’ searah berarti keduanya bernilai positif dan
kecepatan peluru relatif terhadap pengamat di bumi memenuhi :
Latihan 1B.
1. Dua pesawat antariksa bergerak dari arah yang
berlawanan menuju bumi dengan kecepatan 0,5 c dan 0,4 c. Bila c = kecepatan
cahaya, maka berapakah kecepatan benda pertama relatif terhadap benda kedua?
2.
Sebuah pesawat ruang
angkasa bergerak dengan kecepatan 0,8c meninggalkan bumi. Dari pesawat tersebut
ditembakkan peluru dengan kecepatan 0,5c (c = kecepatan cahaya diruang
hampa). Hitunglah kecepatan peluru
menurut pengamat di bumi jika arah peluru searah pesawat !
3. Dua pesawat antariksa bergerak dari arah yang
berlawanan menuju bumi dengan kecepatan 0,8 c dan 0,6 c. Bila c = kecepatan
cahaya, maka berapakah kecepatan benda pertama relatif terhadap benda kedua?
4.
Sebuah pesawat ruang
angkasa bergerak dengan kecepatan 0,6c meninggalkan bumi. Dari pesawat tersebut
ditembakkan peluru dengan kecepatan 0,5c (c = kecepatan cahaya diruang
hampa). Hitunglah kecepatan peluru
menurut pengamat di bumi jika arah peluru searah pesawat !
5.
.
a.
kontraksi panjang
L = L0 √(1- v2
/c2 ) …………………………………7.3
dengan : L = panjang
benda menurut pengamat yang bergerak relatif terhadap benda L0 = panjang benda
menurut pengamat yang diam relative terhadap benda
Contoh 1.3: Sebuah pesawat yang diam di bumi terukur memiliki
panjang 120 m. Kemudian pesawat itu bergerak dengan kecepatan 0,6c. Berapakah
panjang roket tersebut menurut pengamat di bumi sekarang ?
Penyelesaian: L0 = 120 m; v =
0,6 c; Saat pesawatnya bergerak maka
pengamat di bumi
adalah pengamat yang bergerak terhadap pesawat berarti
panjang roket terlihat sebesar L dan memenuhi :
Latihan 1C
1.
Sebuah roket sewaktu
diam di bumi mempunyai panjang 150 m. Kemudian roket itu bergerak dengan
kecepatan 0,8c. Berapakah panjang roket tersebut menurut pengamat di bumi saat
roket bergerak ?
2.
Sebuah pesawat yang
diam di bumi terukur memiliki panjang 120 m. Kemudian pesawat itu bergerak
dengan kecepatan 0,6c. Berapakah panjang roket tersebut menurut pengamat di bumi
sekarang ?
3.
Sebuah roket sewaktu
diam di bumi mempunyai panjang 150 m. Kemudian roket itu bergerak dengan
kecepatan 0,6c. Berapakah panjang roket tersebut menurut pengamat di bumi saat
roket bergerak ?
4.
Sebuah pesawat yang
diam di bumi terukur memiliki panjang 109 m. Kemudian pesawat itu bergerak
dengan kecepatan 0,8c. Berapakah panjang roket tersebut menurut pengamat di
bumi sekarang ?
5.
b.
dilatasi waktu :
Cermati QS. 29. Al 'Ankabuut ayat14 yang artinya:
Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh
kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu
tahun kurang lima puluh tahun.
Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim.
QS. 2: 96. Dan sungguh kamu akan mendapati mereka,
manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi)
dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu
sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha Mengetahui apa
yang mereka kerjakan.
QS.
22: 47. Dan mereka meminta
kepadamu agar azab itu disegerakan, padahal Allah sekali-kali tidak akan
menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu.
QS.
Assajadah(32) 5. Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik
kepadaNya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu
tahun menurut perhitunganmu[1190
[1190]. Maksud urusan itu naik kepadaNya ialah
beritanya yang dibawa oleh malaikat. Ayat ini suatu tamsil bagi kebesaran Allah
dan keagunganNya.
Dt = Dt0 / √(1- v2
/C2 ) …………………….7.4
dengan : Δt = selang waktu menurut pengamat yang bergerak
terhadap kejadian
Δt0 = selang waktu menurut pengamat yang diam terhadap
kejadian
Contoh 1.4:Sebuah pesawat ruang
angkasa mengitari bumi dengan kecepatan 0,8 c sambil memancarkan sinyal ke
bumi. Sinyal diamati dari bumi memiliki periode 12 menit. Jika c adalah
kecepatan cahaya di udara, maka hitunglah periode sinyal tersebut sebenarnya!
Penyelesaian: _t = 12 menit; v = 0,8 c; Periode sinyal sebenarnya merupakan
pengukuran
oleh pengamat di pesawat besarnya adalah _t0.
Latihan 1D
1.
Sebuah pesawat
antariksa bergerak selama satu tahun menurut waktu pesawat, jika waktu itu
sesuai dengan 1,25 tahun waktu di bumi, maka berapakah kecepatan pesawat?
2. Sebuah pesawat ruang angkasa mengitari bumi dengan
kecepatan 0,8 c sambil memancarkan sinyal ke bumi. Sinyal diamati dari bumi
memiliki periode 12 menit. Jika c adalah kecepatan cahaya di udara, maka
hitunglah periode sinyal tersebut sebenarnya!
3.
Sebuah pesawat
antariksa bergerak selama satu tahun menurut waktu pesawat, jika waktu itu
sesuai dengan 2,25 tahun waktu di bumi, maka berapakah kecepatan pesawat?
4. Sebuah pesawat ruang angkasa mengitari bumi dengan
kecepatan 0,6 c sambil memancarkan sinyal ke bumi. Sinyal diamati dari bumi
memiliki periode 15 menit. Jika c adalah kecepatan cahaya di udara, maka
hitunglah periode sinyal tersebut sebenarnya!
5.
c.
massa relatif :
mt = m0
/ √(1- v2 /C2
) ………………………….7.5
Dan energi benda diam dan bergerak
memiliki hubungan sebagai berikut.
f. energi
i)
diam : E0 = m0 c2; ii) relatif : E = mc2;
iii) kinetik : Ek = E - E0 ………………….7.6
Contoh
1.6: Sebuah benda memiliki
massa diam 4 kg. Jika benda tersebut bergerak dengan kecepatan 0,6 c (c = 3.108 m/s) maka tentukan :
a. massa bergeraknya, b. energi
diam benda
c. energi relativitas benda d. energi kinetik benda !
Penyelesaian: m0 = 4 kg; v
= 0,6 c;
a. massa bergeraknya
atau massa relativistiknya memenuhi :
b. Energi diam benda
memenuhi : E0 = m0 c2 = 4 . (3.108)2 = 3,6 . 1017 joule
c. Energi relativistik
benda memenuhi : E = m c2 = 5 . (3.108)2 = 4,5 . 1017 joule
d. Energi kinetik benda
sebesar : Ek = E - E0 = 4,5 . 1017 - 3,6 . 1017= 0,9 . 1017 J
Latihan 7E
1.
Sebuah benda diam
bermassa 6 kg. Kemudian benda bergerak dengan kecepatan 0,8 c (c = 3.108 m/s) maka
hitunglah :
a. massa bergeraknya, b. energi diam benda c.
energi relativitas benda d.
energi kinetik benda!
2. Menurut pengamat
disebuah planet ada dua pesawat antariksa yang mendekatinya dari arah yang
berlawanan, masing-masing adalahpesawat A yang kecepatannya 0,50cdan pesawat B
yang kecepatannya0,40c (c = cepat rambat cahaya).Menurut pilot pesawat A
berapakahbesar kecepatan pesawat B ?
3. Periode
suatu pendulum di muka bumibesarnya 3,0 detik. Bila pendulumtersebut diamati
oleh seseorang yangbergerak relatif terhadap bumi dengankecepatan 0,95c (c =
kecepatancahaya), maka tentukan periodependulum tersebut !
4. Sebuah
pesawat sewaktu masih diam dibumi diukur panjangnya sebesar 100 m.Kemudian
pesawat tersebut bergerakdengan kecepatan 0,8c meninggalkanbumi. Menurut orang
di bumiberapakah penyusutan panjang rokettersebut ?
4. Suatu
bujursangkar dengan sisi 10 cmdiletakkan dengan salah satu sisinyapada sumbu X.
Seorang pengamatbergerak dengan kecepatan 0,8c padaarah sumbu X, maka akan
melihatbujursangkar tersebut dengan luas A.Berapakah nilai A ?
5. Sebuah
elektron mempunyai massadiam mo bergerak dengan kecepatan½c_3, maka menurut teori relativitasberapakah energi
kinetiknya ?
6. Sebuah
pesawat antariksa bergerakdengan energi kinetiknya sebesar1/12 kali energi diamnya.
Jika c =kecepatan cahaya, maka tentukan lajupesawat pada saat itu !
BAHAN SIAP ULANGAN HARIAN III
1. Sebuah partikel
bergerak dengan laju 0,6 c. Perbandingan antara
massa relativistic partikel dengan massa diamnya adalah……..
2. Sebuah benda memiliki massa diam 2 kg. Jika benda
iti bergerak 0,8 c, maka hitunglah besar massa bergerak benda tersebut!
3. Sebuah kereta api bergerak dengankecepatan tetap 18
km/jam melewatistasiun. Ari yang berada di atas keretaapi berlari dengan
kecepatan 5 km/jam terhadap kereta api dengan arahberlawanan. Jika Ira yang
duduk distasiun melihat Ari, maka menurut
Ira kecepatan Ari adalah ....
A. 13 km/jam B. 23 km/jam C. 15 km/jam D.
25 km/jam E. 18 km/jam
4. Sebuah pesawat bergerak dengankecepatan 0,85c
terhadap bumi.Dari pesawat ditembakkan pelurudengan kecepatan 0,5c searah
denganpasawat. Kecepatan peluru terhadapbumi adalah ....
A. C B. 0,6c C.
0,2c D. 0,8c E. 0,5c
5. Perbandingan dilatasi waktu untuksistem yang
bergerak pada kecepatan0,8 c (c = cepat rambat cahaya)dengan sistem yang
bergerak dengankecepatan 0,6 c adalah ....
A. 3 : 4 B. 9 : 16 C.
4 : 3 D. 16 : 9 E. 9 : 2
6. Sebuah roket waktu diam dibumimempunyai panjang 100
m. Rokettersebut bergerak dengan kecepatan0,8c. Menurut orang di bumi
panjangroket tersebut adalah ....
A. 50 m B. 80 m C.
60 m D. 100 m E. 70 m
7. Bila laju partikel 0,6c, makaperbandingan massa
relativistic partikel itu terhadap massa diamnyaadalah ....
A. 5 : 3 B. 25 : 4 C.
25 : 9 D. 8 : 5 E. 5 : 4
6. Sebuah partikel bergerak dengan lajuv = ½ c√3. Jika Mo = massa diam, M= massa bergerak, Ek =
energi kinetic dan Eo = energi diam, maka berlaku....
A. M = ½ Mo ; Ek = ½ Eo B. M = 3/4 Mo ; Ek = Eo C. M = 3/2 Mo ; Ek = Eo
D. M = 2 Mo ; Ek = Eo E. M = 2 Mo ; Ek = 2 Eo
7. Suatu partikel bertenaga rehat 0 Esedang bergerak dengan tenaga kinetic EK dan kecepatan v sedemikian
rupahingga v / c = 0,9 . 0 E / E K untukpartikel besarnya ....
A. 2 B. 9 C.
4 D. 5 E. 6,1
8. Sebuah benda berkecepatan 0,6 cmemiliki energi
total (1,5 x 10-3gram)c2. Jika c adalah kecepatancahaya, maka saat benda tersebutberkecapatan
0,8 c, energi totalmenjadi ....
A. (2 x 10-3 gram) c2 B. (1,5 x 10-3 gram) c2 C. (1,2 x 10-3 gram) c2
D. (1,13 x 10-3 gram) c2 E. (9 x10-4 gram) c2
9. Pesawat A
dengan laju 0,8c bergerak
berlawanan arah dengan pesawat B yang
lajunya 0,5c, laju relatif pesawat B terhadap A adalah ….
a.
b.
A |
v = 0,8c |
B |
vx = (-) 0,5c |
·
Pesawat A sebagai acuan
bergerak
·
Kecepatan relatih terhadap acuan bergerak
vx =
=
2.
Kecepatan cahaya di ruang hampa menurut postulat Einstein adalah …. (Ebtanas 1990)
a.
sama, tidak tergantung gerak pengamat
b.
tergantung gerak pengamat
c.
tergantung letak pengamat
d.
tergantung pada kecepatan sumber cahaya
e.
tergantung pada gerak sumber dan pengamat
Penyelesaian:
Postulat Pertama Einstein
“Hukum-hukum fisika memiliki bentuk yang sama
pada semua kerangka acuan inersia”
Postulat Kedua Einstein
“Cahaya merambat melalui ruang hampa dengan
capat rambat c = 3 x 108
m/s, yang tidag tergantung dari kelajuan sumber cahaya maupun pengamatnya”
Berdasarkan postulat Einstein di atas,
kecepatan cahaya sama untuk semua pengamat dan tidak tergantung pada pengamat
3.
Sebuah pesawat bergerak dengan kecepatan 0,6c terhadap bumi. Dari
pesawat ditembakkan peluru dengan kecepatan 0,4c searah dengan pesawat. Kecepatan
peluru terhadap bumi adalah ….
a.
c d.
0,6c
b.
0,2c e. 0,8c
c.
0,5c
Penyelesaian:
·
Bumi |
O |
O’ |
vx’ = 0,4c |
v= 0,6c |
·
Kecepatan relatif terhadap acuan diam:
vx =
=
4.
Pesawat A dengan laju 0,8c bergerak berlawanan arah dengan
pesawat B yang lajunya 0,5c, laju relatif pesawat B terhadap A adalah ….
a.
A |
v = 0,8c |
B |
vx = (-) 0,5c |
b.
c.
Penyelesaian:
·
Pesawat A sebagai acuan
bergerak
·
Kecepatan relatih terhadap acuan bergerak
vx =
=
5.
Sebuah roket waktu diam di bumi mempunyai panjang 100 m. Roket tersebut
bergerak dengan kecepatan 0,8 c.
Menurut orang di bumi panjang roket tersebut adalah ….
a.
50 m d.
80 m
b.
60 m e.
100 m
c.
70 m
Penyelesaian:
v = 0,8c,
faktor koreksi g adalah:
g =
Pengamat di bumi adalah pengamat bergerak
terhadap roket, maka
L = gL0 = 0,6 x 100 = 60 m
6.
Pada saat bergerak panjang sebuah pesawat menjadi ½ dari panjang pesawat
itu dalam keadaan dian. Jika c =
kecepatan cahaya maka kecepatan pesawat itu relatif pengamat yang diam adalah
…. (Ebtanas 1997)
a.
½ c d. ¾ c
b.
½ c
c.
½ c
Penyelesaian:
Perubahan panjang pesawat memenuhi:
L = gL0
½ L0 = gL0 ® g = ½
Maka kecepatan pesawat v;
g =
½ =
7.
L0 |
L |
v = 0,8 c |
P |
a.
100 cm2 d.
50 cm2
b.
80 cm2 e.
200 cm2
c.
60 cm2
Penyelesaian:
Perubahan bentuk dan luas bujursangkar:
v = 0,8c,
faktor koreksi g adalah:
g =
Maka, menurut pengamat bergerak;
A = p x l
= p
(g . L0)
= 10 (0,6 . 10)
= 60 cm2
8.
Sebuah kubus pada pusat koordinat mempunyai sisi 1 dm. Jika dilihat oleh
pengamat yang bergerak dengan kecepatan 0,8c
sejajar salah satu sisinya, maka volume kubur terlihat berharga …
a.
1 l d. 0,5 l
b.
v |
t |
L |
L0 |
P |
c.
0,6 l
Penyelesaian:
Gambar perubahan volume:
v = 0,8c,
faktor koreksi g adalah:
g =
Maka, menurut pengamat bergerak;
v = p x
l x t = p
x (gL0) x 1 = 1 x
(0,6 . 1) x 1 = 0,6
dm3 (l)
9.
Dua anak kembar David dan Boby, David berkelana di angkasa dengan
pesawat antriksa berkecepatan 0,8c.
Setelah 12 tahun berkelana David pulang ke bumi, menurut Boby perjalanan David
telah berlangsung selama …. tahun
a.
12 d.
10
b.
15 e.
8
c.
20
Penyelesaian:
v = 0,8c,
faktor koreksi g adalah:
g =
= 0,6
Boby bergerak terhadap David, maka.
Dt =
10.
Seorang pilot terbang dengan kecepatan 0,6c meninggalkan lapangan terbang. Setelah kembali ke lapangan
terbang menurut pilot tersebut telah terbang selama 2 jam. Berapa jam pilot
tersebut telah terbang menurut pengamat di lapangan terbang?
a.
1,2 jam d.
2,5 jam
b.
1,6 jam e. 3,3 jam
c.
2,3 jam
Penyelesaian:
v = 0,6c,
faktor koreksi g adalah:
g =
Maka, Dt =
11.
Sebuah pesawat antariksa bergerak selama satu tahun menurut waktu
pesawat, jika waktu itu sesuai dengan 1,25 tahun waktu di bumi, maka kecepatan
pesawat;
a.
c d.
0,5 c
b.
0,8 c e. 2 c
c.
0,6 c
Penyelesaian:
Hubungan waktu relativistic;
Dt =
Maka,
v = 0,6c
Jawaban : C
12.
Si – C di bumi dan si – D berada dalam roket yang sedang
bergerak dengan kecepatan 0,6c. Si – C membaca buku selama 2 jam, berapa lama
si – C membaca buku jika diukur oleh
si – D ….
a.
1,0 jam d.
3,3 jam
b.
2,0 jam e.
4,0 jam
c.
2,5 jam
Penyelesaian:
v = 0,6c,
faktor koreksi g adalah:
g =
=
= 0,8
D bergerak terhadap C, maka;
Dt =
= 2,5 jam
13.
Kecepatan yang diperlukan oleh suatu benda supaya massanya bertambah 67%
adalah ….
a.
0,8 c d. 0,3 c
b.
0,6 c e. 0,2 c
c.
0,5 c
Penyelesaian:
m = mo
+ 67%m0 = 1,67
m0
Persamaan
m =
maka,
v = 0,8 c
14.
Bila laju partikel 0,6c, maka
perbandingan massa relativistic partikel itu terhadap massa diamnya adalah ….
a.
5 : 3 d.
25 : 4
b.
25 : 9 e.
8 : 5
c.
5 : 4
Penyelesaian:
v = 0,6c,
faktor koreksi g adalah:
g =
=
Maka,
m =
=
Jawaban : C
15.
Sebuah roket panjang 100 meter dan berat 20 ton, meninggalkan bumi
dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Menurut teori relativitas Einstein
dapat dikemukakan oleh orang di bumi bahwa …. (Ebtanas 1985)
a.
b.
c.
d.
e.
Penyelesaian:
Pengamat di bumi (di luar pesawat) adalah
pengamat bergerak maka,
m =
dan
L = g. L0
Karena faktor koreksi g nilainya selalu kurang dari 1, maka dari
rumus dapat disimpulkan:
·
m>m0
·
panjang bergerak selalu kecil dari panjang diam
L<L0
Jawaban : B
16.
Sebuah elektron bergerak dengan kecepatan 0,6c, maka momentumnya akan menjadi …. kg m/s
a.
2,05 x 10-20 d.
2,05 x 10-22
b.
3,64 x 10-20 e.
3,64 x 10-22
c.
0,64 x 10-22
Penyelesaian:
v = 0,6c,
faktor koreksi g adalah:
g =
=
Maka besarnya momentum elektron sebesar:
P = m v
=
=
17.
Agar energi kinetik benda bernilai 25% energi diamnya dan c adalah kelajuan cahaya dalam ruang
hampa, maka benda harus bergerak dengan kecepatan ….
a.
¼ c d. ¾ c
b.
½ c e. 4/5 c
c.
3/5 c
Penyelesaian:
Ek = 25 % E0 = 0,25 E0
Maka,
E = E0
+ Ek = 1,25
E0
v = 0,6c
=
18.
Sebuah partikel bergerak dengan laju v
= ½ c
a.
m = ½ m0 ; Ek
= ½ E0
b.
m = 3/4 m0 ; Ek
= E0
c.
m = 3/2 m0 ; Ek
= E0
d.
m = 2 m0 ; Ek
= E0
e.
m = 2 m0 ; Ek
= 2 E0
Penyelesaian:
v = ½ c
g =
=
maka,
·
m =
·
Energi kinetiknya;
Ek =
=
19.
Sebuah elektron mempunyai massa diam m0
bergerak dengan kecepatan ½ c
a.
0,25 m0c2+ d.
m0c2
b.
0,5 m0c2 e. 1,25 m0c2
c.
0,75 m0c2
Penyelesaian:
v = ½ c
g =
=
maka energi kinetiknya;
Ek = E – E0 =
20.
Satu gram massa berubah semua menjadi energi. Energi tersebut digunakan
untuk mengangkat air setinggi 1 km. Jika g
= 10 m/s2 dan c = 3 x 108
m/s, air yang dapat diangkat adalah ….
a.
3 . 105 m3 d.
9 . 109 m3
b.
9 . 106 m3 e.
3 . 1012 m3
c.
3 . 108 m3
Penyelesaian:
Energi relativistic = energi potensial
m c2 = r v g h
(1.
10-3) . (3 . 108)2 = 103 . v . 10 . 103 ------------- v = 9 . 106 m3
21.
Suatu benda secara serentak pecah menjadi dua bagian yang massa diamnya
3 kg dan 5 kg dengan kecepatan 0,8c
dan 0,6c. Maka
a.
3 kg d.
10 kg
b.
5 kg e.
11,25 kg
c.
8 kg
Penyelesaian:
v1 = 0,8c,
faktor koreksi g adalah: ------------g1 =
v2 = 0,6c,
faktor koreksi g adalah:
g =
·
Hukum kekekalan energi sebagai berikut
(Etot)awal = (Etot)akhir
m0c2 + Ek = (Etot)1 + (Etot)2
m0c2 + 0 =
m0c2 =
m0 = 11,25
1.
Tugas Kelompok(Bahan Prosentasi) : Menyusun Karya Tulis Ilmiah dengan tema di indikator terakhir materi bab ini dilengkapi dengan
firman Allah Minimal 10 ayat lengkap tafsirannya.
2.
Tugas Akhir : Menyusun Minimal 10 Soal Prediksi
Ulangan Harian Untuk Materi Bab ini!
Bersyukurlah, jadilah pemaaf, dan sebarkanlah
salam dengan senyum, maka insya Allah hidup kita akan dirahmati-Nya
kerangka acuan pengamat
vx’ = kecepatan benda relatif terhadap pengamat bergerak (m/s)
v = kecepatan pengamat bergerak (O’) relatif terhadap pengamat diam (O)
c = kecepatan cahaya
A. 9/16 c
L0 = panjang benda menurut pengamat yang diam relatif terhadap benda
Δt0 = selang waktu menurut pengamat yang diam terhadap kejadian
lebih besar daripada kecepatan pengamat bergerak relatif terhadap pengamat diam maka kecepatan relativ terhadap acuan diam akan semakin kecil dan sebaliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar