Senin, 10 April 2023

PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR DI SEKOLAH

 

PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR DI SEKOLAH

SUYUTI, SMAN 5 SOPPENG

RUMUS : DISIPLIN (DI,DK) + TELADAN (ULIL AMRI) = SUKSES

Untuk mewujudkan  Peningkatan Mutu Hasil Belajar Di Sekolah, maka ada dua kata kunci yang harus ada dalam setiap aktivitas layanan pendidikan  yaitu disiplin dan teladan.  Kedua kata ini merupakan inti dari semua kesuksesan terutama dalam peningkatan mutu pendidikan.

          Berikut ini saya uraian gambaran singkat, dua kata kunci tersebut. Secara umum disiplin saya bagi menjadi dua point besar yaitu Disiplin Ibadah (DI) dan Disiplin Kerja(DK)

A.   DISIPLIN IBADAH

Kedisiplinan Ibadah merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan suatu perubahan positif pada semua bidang kehidupan. Hal tersebut disebabkan oleh  karena yang menjadi control utama semua aktivitas hidup agar berguna adalah waktu-waktu Ibadah (QS. Al-Jum’ah (62) ayat 9-11).  Hal ini juga sangat sesuai dengan tujuan penciptaan manusia yaitu untuk beribadah semata (QS. Adz-Dzaariyaat ayat 56). Ibadah ini adalah pengabdian utama dan pertama disyariatkan Allah ( QS. Thoha ayat 14). Hal ini Banyak dijelaskan Allah Subehanahu Wata’ala dalam firman-Nya. Dan terpenting lagi dari perintah adalah adalah penetapan Shalat sebagai  penolong utama ( QS. 2 : 153).

Oleh karena itu dari awal ditegaskan kepada peserta didik agar disiplin ibadah ini bisa mereka pelihara agar nantiya terwujud peserta didik yang bertaqwa kapan dan di manapun berada.

Disiplin Ibadah ini merupakan kunci peningkatan ketaqwaan dan ketaqwaan inilah menjadi nilai manusia dihadapan Tuhannya…

 

B.   DISIPLIN BERAKTIVITAS (BEKERJA) (KEBAIKAN)

Disiplin bekerja merupakan Buah manis dari aktivitas disiplin ibadah . Buah dari disiplin Ibadah adalah berdampak pada aktivitas hidup di sepanjang hari seorang manusia. Jika Ibadahnya benar, maka buahnya pun akan manis atau benar. Dan Ibadah utama adalah shalat sehingga shalat inilah yang berbuah kebaikan dalan semua aktivitas.

Terwujudnya disiplin ibadah inilah  akan melahirkan manusia yang disiplin bekerja atau beraktivitas.

Aktivitas bekerja ini akan bisa terpelihara jika kita mengikuti petunjuk Allah Subehanahu Wata’ala dalam firman-Nya dalam QS. Al-Jum’ah ayat 10  yang artinya:

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”.

          Disiplin bekerja menjadikan siswa-siswa kita belajar tepat waktu, kerja tugas tepat waktu, beraktivitas di sepanjang hari sesuai porsi waku masing-masing (Sesuai aturan yang berlaku).

C.   TELADAN

Keteladanan merupakan modal utama dalam meningkatkan kesuksesan disemua bidang kehidupan dan keteladanan ini harus merujuk ke guru/pendidik terbaik dunia ini yaitu Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam. Teladan tertinggi dan terbaik yang ditetapkan Allah adalah Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam sesuai firman-Nya dalam QS. Al-Ahzab ayat 21 yang artinya:

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

          Berdasarkan firman Allah diatas, maka jelaslah bahwa tidak keteladan terbaik dalam mendidik/mengajar selain baginda Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam.  Lalu apa yang diteladankan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam? Yang diteladankan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam adalah disiplin Ibadah dan disiplin kerja/beraktivitas.

Kuncinya adalah semua pendidik harus jadi teladan Ibadah dan Bekerja…

Gabungan 2 Disiplin dan Teladan inilah kunci Sukses Mendidik …

Syaratnya harus berkolaborasi positif sesuai firman Allah QS. 5 ayat 2.

Berikut ini


[389]. Syi'ar Allah ialah: segala amalan yang dilakukan dalam rangka ibadat haji dan tempat-tempat mengerjakannya.

[390]. Arti bulan haram lihat no. [119], maksudnya ialah: dilarang melakukan peperangan di bulan-bulan itu.

[391]. Ialah: binatang (unta, lembu, kambing, biri-biri) yang dibawa ke Ka'bah untuk mendekatkan diri kepada Allah, disembelih ditanah haram dan dagingnya dihadiahkan kepada fakir miskin dalam rangka ibadat haji.

[392]. Ialah: binatang had-ya yang diberi kalung, supaya diketahui orang bahwa binatang itu telah diperuntukkan untuk dibawa ke Ka'bah.

[393]. Dimaksud dengan karunia ialah: keuntungan yang diberikan Allah dalam perniagaan. Keredhaan dari Allah ialah: pahala amalan haji.

 

          Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa rumus sukses adalah perpaduan yang prima antara disiplin ibadah dab disiplin kerja seta memberikan keteladanan yang secara sederhana dapat dirumuskan

RUMUS : DISIPLIN (DI,DK) + TELADAN (ULIL AMRI) = SUKSES

Untuk mewujudkan  Peningkatan Mutu Hasil Belajar Di Sekolah, maka ada dua kata kunci yang harus ada dalam setiap aktivitas layanan pendidikan  yaitu disiplin dan teladan.

 

 

Sumber : Al-Qur’an dan terjemahannya ….

Saudaraku, sahabatku, Ayo belajar lagi , Ayo Refleks kembali Tujuan Hidup Manusia dalam Al Qur'an bersama Ustadz Adi Hidayat di https://youtu.be/10J1ECslFyY












1 komentar:

Suyuti Mappiabang, S.Pd., M.Si. mengatakan...

https://draft.blogger.com/blog/post/edit/4573560347967292287/7417469377042646909