Minggu, 07 Oktober 2012

KUNCI KEBERHASILAN KURIKULUM BERKARAKTER 2013



 
(Kajian QS. Az Zumar (39):23) 
 Oleh:Suyuti,S.Pd.,M.Si. (SMAN 1 Marioriwawo Soppeng Sul-Sel)

Kata Kunci keberhasilan hidup manusia agar tetap terbebas/terhindar dari perbuatan keji dan mungkar adalah ingat Allah (ingat sang penciptanya). Demikian pula halnya dalam membangun karakter manusia tetap kuncinya adalah ingat Allah (ingat sang penciptanya). Ingat Allah (ingat sang penciptanya) merupakan kunci dalam menjaga waktu untuk beribadah kepada-Nya, seperti shalat, puasa, dsb.  

Hanya yang mengingat Allah (ingat sang penciptanya) yang akan sukses dunia dan Akhirat. Dan hanya mengingat Allah (mengingat sang penciptanya) hati menjadi tenang. Cermati Firman Allah dalam QS. Az Zumar (39) yang artinya berikut ini!
 Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang [1312], gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun (QS. Az Zumar:23).
[1312]. Maksud berulang-ulang di sini ialah hukum-hukum, pelajaran dan kisah-kisah itu diulang-ulang menyebutnya dalam Al Quran supaya lebih kuat pengaruhnya dan lebih meresap(menyatu dengan hati manusia). Sebahagian ahli Tafsir mengatakan bahwa maksudnya itu ialah bahwa ayat-ayat Al Quran itu diulang-ulang membacanya seperti tersebut dalam mukaddimah surat Al Faatihah.
Firman Allah di atas menjelaskan bahwa pelajaran terbaik adalah Al-Qur’an. Membaca dan mengkaji Al-Qur’an akan menjadikan hati menjadi tenang karena dengan membacanya mereka akan mengingat Tuhannya. Keberhasilan suatu pembelajaran adalah mengingat Allah sebagai penentu keberhasilan pembelajaran itu. Pembelajaran yang menjadikan pendidik dan peserta didik mengingat Allah hanyanlah pembelajaran integrasi Imtaq. Jadi Hanya pembelajaran integrasi imtaq-iptek yang dapat mendukung dan mensuksesan Kurikulum Berkarakter 2013.
Semua aktivitas hidup yang melibatkan sang pencipta, maka pastilah aktivitas hidup itu dirahmati. Dan hanya rahmat Allah saja yang dapat menjadikan Kurikulum Berkarakter 2013 mampu menyelamatkan diri kita dan anak-anak bangsa ini.
Kajilah Firman Allah QS. Al-Anfal ayat 2 – 4 yang artinya berikut ini!
2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.
[594]. Maksudnya: orang yang sempurna imannya. [595]. Dimaksud dengan disebut nama Allah ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakanNya.

3. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.
4. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia.
Rezki (nikmat) yang mulia dari kurikulum berkarakter adalah melahirkan anak-anak bangsa yang berkarakter.  Mari kita mensukseskan pelaksanaan kurikulum berkarakter 2013 dengan melaksanakan pembelajaran integrasi Imtaq-Iptek. Selamat berjuang semoga pendidikan kita betul-betul mampu mencetak generasi bangsa yang berkarakter.
Tolong saudara(i)ku memberi masukan, Semoga masukannya menjadi amal ibadah yang dirahmati Allah SWT, amin.

Tidak ada komentar: