Selasa, 05 Maret 2013

BINCANG-BINCANG: SHALATKU BISA TIDAK SAH MEMAKAI CELANA PANJANG DAN ATAU BAJU KAOS


Gunakanlah pakaian yang terbaik untuk mendirikan shalat! Kalimat ini merupakan salah satu syariat agama kita. Menghadap kepada sang pencipta sebagai raja diraja, penguasa alam semesta yang memegang hidup dan mati kita semua dan seluruh makhluk. Untuk memahami lebih jauh tentang etika berpakaian dalam Islam, maka kajilah Al-Qur'an dan As-sunnah.


Dalam kenyataan sehari-hari sering kita saksikan saudara-saudara kita dalam mendirikan shalat hanya menggunaka baju kaos dan atau celana panjang yang berlebihan. Celana panjang yang berlebihan bisa menjadi penyapu jalanan dan tempat penyimpanan kotoran jalan termasuk najis.

Lalu dalam suatu bincang-bincang, saya dikagetkan oleh teman saya yang berkata kepadaku:
" Shalat tidak sah menggunakan celana panjang dan atau baju kaos".

Olehnya itu spontan saya bertanya:
1. Mengapa shalat tidak sah menggunakan celana panjang dan atau baju kaos?
2. Mengapa shalat tidak sah menggunakan celana panjang?
3. Mengapa shalat tidak sah menggunakan baju kaos?
4. Mengapa aku shalat hanya menggunakan baju kaos?
5. Mengapa aku shalat menghadap Tuhanku sebagai raja diraja hanya menggunakan pakaian seadanya saja?
6. Mengapa aku  menghadap raja manusia menggunakan pakaian terbaikku?
7. Mengapa aku lebih menghargai manusia daripada pencipta manusia?
8. Mengapa aku selalu melupakan Tuhanku yang memegang hidup dan matiku?
9. Mengapa ...

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas dan 33 pertanyaan dalam Al-Qur'an Surah Ar-Rahman, maka marilah wahai saudara(i)ku menkaji Al-Qur'an dan As-Sunnah!
Saudara(i) ku, tolong bantu saudaramu yang lemah ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas!
Semoga semua bantuannya/jawabannya ataupun pertanyaanya, menjadi amal ibadah yang dirahmati Allah SWT, amin.
Selamat berjuang.





1 komentar:

Bang Iwan mengatakan...

Pertama berkunjung kesini