RANCANGAN PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA SISWA OLEH CGP SUYUTI SMAN 5 SOPPENG
Ketika aku bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia.
1. Tujuan Program
Tujuan program yang berorientasi pada peningkatan kompetensi murid khususnya kepemimpinanan murid dalam melaksanakan kedisiplinan Ibadah dan kedisiplinan belajar.
2. Tahapan 5D/BAGJA
Tahapan BAGJA dalam pengelolaan program yang berdampak pada siswa sebagai berikut:
a. Buat Pertanyaan Bagaimana cara mewujudkan kedisiplinan Ibadah dan Kerja/Belajar siswa?
b. Ambil Pelajaran Cerita/pengalaman baik: Ada semangat besar, motivasi dan kemampuan siswa yang besar untuk sebuah kegiatan yang besar dalam menimgkatkan kedisiplinan Ibadah dan Kerja/Belajar siswa. Siswa dari para pengurus ROHIS dan OSIS bisa menjadi motor penggerak sekaligus teladan dalam pelaksanaan disiplin Ibadah.
c. Gali Impian Terwujudnya kehidupan Disiplin Ibadah dan Disiplin Belajar/Bekerja seluruh warga terutama siswa di SMAN 5 Soppemng. Seperti inilah apa yang dibayangkan ada dalam diri siswa (murid). Murid dan seluruh warga sekolah sudah menjadikandisipilin ibadah dan disipln kerja sebagai kebutuhan hidup.
d. Jabarkan Rencana. Program ini akan dapat berjalan dengan baik dengan melibatkan aktif semua warga sekolah, seperti kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekaligus teladan terbaik , para guru sebagai pengarah juga teladan disiplin Ibadah dan Kerja, dan siswa sebagai Subjek utama dalam mewujudkan impian mulia ini sebagai tujuan utama hidup ini. Para Pengurus ROHIS dan OSIS menjadi contoh dan motor penggerak untuk seluruh siswa dan warga. Mereka semua menjadi teladan pula di Rumah, di masyarakat. REncana Kolaborasi Warga sekolah, Orangtua dan Masyarakat sekitar ini menjadi kekuatan yang sangat besar dalam mewujudkan hidup disipilin Ibadah dan Kerja/Belajar.disiplin .
e. Atur Eksekusi. Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim diatur sebagai berikut:
- Penanggung Jawab kegiatan: Kepala sekolah
- Pembina/pendamping : Dewan guru dan Seluruh Wali Kelas
- Koordinator Pelaksana : Ketua ROHIS dan OSIS dibantu seluruh jajarannya
- Kegiatannya rutin setiap hari untuk shalat dhuhur di sekolah
- Pengawasan Pelaksanaan
- Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru serta seluruh pengurus ROHIS dan OSIS.
- RTL untuk perbaikan ke depan
3. Rencana Monitoring, Evaluasi, Pembelajaran, dan Pelaporan (Monitoring, Evaluation, Learning, and Reporting)
Format Kerangka Monitoring, Evaluasi, dan Pembelajaran
a. Pertanyaan Kunci
Selengkapnya di https://drive.google.com/file/d/1K7bpBgoPpMrs0-Yl2cH1S8Xs-CyXrAK8/view?usp=sharing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar