Senin, 25 Oktober 2021

3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 24 SUYUTI - CGP ANGK. 2 – SMAN 5 SOPPENG

 

3.2.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 24

SUYUTI - CGP ANGK. 2 – SMAN 5 SOPPENG

Facts (Peristiwa): Adapun pengalaman saya mengikuti pembelajaran pada minggu ini yang kami  mengawali dengan *Membuat aksi nyata upaya mewujudkan Ibadah dan belajar di sekolah* untuk  program sekolah yang berpihak pada siswa (PD) dengan memanfaatkan  aset sekolah yang relevan yaitu agama. Kemudian pada istirahat, kami diskusi demgan teman sejawat tentang penertiban ibadah seluruh warga sekolah khususnya siswa. Kami dapat saling memberi masukan tentang pemanfaatan asset untuk menyusun program  aksi nyata di sekolah ini. Pekan ini juga merupakan akhir kegiatan refleksi di i LMS di modul 3. Adapun hal baik yang saya alami dalam proses tersebut adalah bertambahnya pengetahuan  /pemahaman tentang  kolaborasi positif dalam memanfaatkan banyak aset sekolah dalam menyusun Program yang Berpihak pada Murid sekaligus kami berkolaborasi memanfaatkan manajemen resiko tiap kegiatan sekolah.

 


Feelings (Perasaan): Adapun perasaan saya  selama pembelajaran berlangsung adalah sangat semangat   bahagia, optimis dan senang serta  terus berusaha memberikan banyak motivasi dan pandangan positif  tentang aset-aset sekolah  yang banyak manfaatnya untuk pengembangan program yang berpihak pada murid, untuk kemajuan pendidikan di sekolah kini dan akan datang.   .

 

Findings (Pembelajaran): Pelajaran yang saya dapatkan dari proses ini adalah saya semakin banyak memahami bahwa sebagai guru penggerak seharusnya serba  bisa dalam segala hal terutama dalam Menyusun Program pendidikan yang Berpihak pada Murid dengan terus memanfaatkan manajemen resiko agar bisa mengendalikan dampak negatif saat ada bencana. GP juga terus bisa jadi teladan ibadah dan aktivitas kebaikannya serta bisa terus mencermati dengan tepat tahapan penyusuna  program dengan model 5D/BAGJA serta strategi MELR dan   menerapkan tahapan2 Manajemen Resiko yg benar.

Adapun hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini adalah terus bertambahnya kemampuan  dalam mengelola aset sekolah untuk menyusun Program yang Berpihak pada Murid,  sehingga ada peluang bisa membantu peningkatan kualitas layanan pembelajaran ang berpihak pada murid sekarang dan akan datang dengan tepat sasaran sesuai zamannya (Kodrat Zaman). 

Future (Penerapan): Adapun yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan adalah terus ikhlas  berjuang menggali aset2 yang ada di sekolah demi kebutuhan dalam Menyusun  Program sekolah  yang Berpihak pada Murid dengan layanan pendidikan yang baik dan benar, berkualitas, jujur, adil, dalam mengembangkan layanan sekolah serta mampu menjadi teladan dalam  disiplin Ibadah dan kerja/belajar.  Adapun aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini adalah terus membantu tim manajerial sekolah dalam Menyusun  dan melaksnakan Program sekolah yang Berpihak pada Murid agar layanan pendidikan terus dinamis dan kondusif.  Dalam Menyusun dan melaksanakan  program sekolah yang berpihak pada murid, kami harus terus bisa mengikuti prosedur yang tepat agar pelaksanaan program sekolah ke depan semakin tepat guna dan produktif dan berdampak baik pada peserta didik dan masyarakat  dalam mewujudkan visi misi menuju pencapaian Profil Pelajar Pancasila…

Semoga Cita-Cita Mulia sekolah kami terwujud yaitu

“Maju Bersama - Hebat Semua – Sukses Dunia Akhirat,  aamiin…

3 komentar:

Unknown mengatakan...

MomentumCinta Untuk Allah

Ketika malam gelap temani sepi
Secercah foton enggan menghampiri
Gelombang nada tiada menemani
Untung saja masih ada bintang yang bersinar terang
Menyinari seluruh kegelapan malam
Bersama bintang, ku saksikan betapa Indahnya ciptaan-Mu, Ya Allah...

Dari lisan ini kan ku ucapkan Ya Allah, Ya Rahman
Dari lima jemari kan selalu ku tuliskan Subhanallah
Rasa syukur yang akan terus mengalir bagai air di fluida hatiku
Karena rasa takjub atas segala ciptaan-Mu

Ya Allah, Ya Rahim
Kau adalah konstanta dalam kehidupan
Cintaku untuk-Mu bagaikan getaran sempurna
Yang memiliki frekuensi maksimal tanpa ujung,
dan periode sepanjang hayat, sampai ku mati
Kan kujadikan cintaku kepada-Mu menjadi lentingan yang sempurna

Ya Allah, Ya Ghaffaar
Energi mekanik cintaku tak terbendung oleh friksi
Energi potensial cintaku tak terpengaruh oleh tetapan gaya
Energi kinetik cintaku tak terpengaruh oleh kecepatan
Karena cintaku pada-Mu mampu mematahkan ½ mv2
Bahkan hukum kekekalan energi tak dapat menjelaskannya
Cinta ini takkan pernah bertepi
Seperti osilator harmonik tanpa terhenti
Semua rapi tersusun dalam hati
Bagai kristal tak cacat kisi
Karena cinta ini tak terhingga
Seperti luas alam semesta

Ya Allah, Ya Quddus
Saat kurasakan getaran cinta
Dengan kecepatan melebihi cahaya
Potensial tangga tak berdaya meluruhkannya
Mungkin ini hanya imajinasi hampa
Namun, kuyakini bahwa Allah SWT selalu ada dihati hamba-Nya yang beriman
Ada di hati bukan karena gravitasi, tapi karena cinta abadi untuk seluruh makhluk ciptaan-Nya
Cinta yang lebih besar baripada kosntanta planck
Archimedes pun takkan sanggup membuat rumus yang sebanding dengan besarnya cinta Allah kepada hamba-Nya

Ya Allah, Ya Razzaaq
Suatu hari aku pergi ke dunia mimpi,
ke dunia dimana ku akan tertidur selamanya
Tertidur di pangkuan sang ilahi
Kutinggalkan semua cerita pada sebuah blackhole
Namun, tetap kubawa cintaku pada-Mu bersamaku,
di dalam hati….

Ya Allah, Ya Malik
Dari ratusan rumus fisika yang ada
Dari ribuan besaran fisika yang ada
Dari jutaan temuan ahli yang luar biasa
Tak akan ada yang mampu,
Mampu mengalahkan kekuatan “Kunfayakun”
Begitupun dengan kekuatan cintaku pada-Mu
Dari kekuatan daya listrik yang menyetrum
Tak akan ada yang mampu menggetarkan hati
Layaknya getaran hati ketika mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an
Ya Allah ….
Meskipun, Listrik statis berbanding terbalik dengan listrik dinamis
Yang bergantung pada medium rambatnya lintasan
Semua itu tak akan memberikan hambatan,
Hambatan antara cintaku kepada-Mu, Ya Allah ….

Yuli Dwi Anggraeni H mengatakan...

Nama: Yuli Dwi Anggraeni H
Kelas: XII.MIPA 4
NIS: 4248

Suyuti Mappiabang, S.Pd., M.Si. mengatakan...

Masyaa Allah,....