Senin, 20 Februari 2012

CARA MENGUASAI PENERAPAN RUMUS FISIKA

CARA MENGUASAI PENERAPAN RUMUS FISIKA
Oleh: Suyuti, S.Pd., M.Si. (SMAN 1 Marioriwawo Soppeng Sul-Sel)

Contoh Soal Penguasaan Rumus GLBB
 Dengan izin Allah SWT sebuah motor dapat bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan awal     vo = 10 m/s   dan    percepatannya a = 1 m/s2 . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, maka hitunglah kecepatan (v )dan perpindahannya (s ) motor setelah t = 5 sekon!
Jawab:  Dengan menerapkan  persamaan  (v = vo +  at) dan (s = so +  vo t  +  ½ at2) , maka insya Allah diperoleh   v = 15 m/s  dan s = 62,5 m.
Pengembangan Soal untuk menguasai rumus GLBB:Contoh Soal di atas diubah redaksinya dengan memisalkan besaran lain yang dicari (Yang diketahui sebelumnya sekarang menjadi dicari)

 Soal Pengembangannya menjadi:
 Dengan izin Allah SWT, dalam waktu 5 sekon sebuah motor dapat bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan   v = 15 m/s   dan    perpindahannya 62,5 m . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, maka hitunglah percepatan (a)  dan kecepatan awal (vo )tersebut!
Jawab:  Dengan menerapkan  rumus s = so +  vo t  +  ½ at2  dan v = vo +  at  dan s = so +  vo t  +  ½ at2 , maka insya Allah diperoleh  a = 1 m/s2 dan  vo = 10 m/s .
Catatan : - Pengembangan (awalnya dicontohkan oleh guru dan selanjutnya menjadi tugas siswa)
-          Soal-soal yang sudah ada terus dikembangkan hingga para siswa menguasai rumus tersebut
-          Semua rumus Fisika dapat dibuatkan soal  dan pengembangannya lewat selembar kertas.

Tidak ada komentar: