Selasa, 21 Februari 2012

HANYA PEMBELAJARAN IMTAQ-PENDIKAR-IPTEK YG DAPAT MENYELAMATKAN BANGSA

HANYA PEMBELAJARAN IMTAQ-PENDIKAR-IPTEK YG DAPAT MENYELAMATKAN
              (Kandungan Firman Allah QS. Al-Mujaadilah (58) ayat 11)
              Oleh : Suyuti (SMA Negeri 1 Marioriwawo Soppeng Sul-Sel)

Orang-orang yang diangkat derajatnya oleh Allah SWT adalah mereka yang diselamatkan di alam Dunia dan di alam Akhirat . Mereka diangkat derajatnya di dunia dan di muliakan  Akhirat. Siapa Mereka? Pertanyaan ini akan terjawab dengan baik, jika kita mengkaji ayat-ayat Allah SWT. Salah satu ayat Allah SWT adalah QS. Al-Mujaadilah (58) ayat 11 yang artinya:

"Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan".

Ayat di atas memberikan penerangan /penjelasan yang sangat terang buat mereka-mereka yang menggunakan pikirannya (QS. Ali Imran (3) : 190-191). Dari ayat tersebut di atas, ditemukan etika bermajelis dan mereka yang akan diangkat derajatnya oleh sang pencipta adalah orang-orang yang beriman dan berilmu. Keseimbangan Iman dan Ilmu akan dimiliki di dalam pendidikan ini, jika kita melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan keduanya. Pembelajaran yang mengintegrasikan Iman dan Ilmu hanyalah pembelajaran Integrasi  Imtaq dan Iptek dalam berbagai bentuk pelaksanaannya.

Buah dari pembelajaran integrasi Imtaq-Pendikar-Ipteka inilah yang akan menyelamatkan manusia dari alam kesesatan sekaligus menyelamatkan bangsa yang besar ini. Generasi yang lahir dari pembelajaran  integrasi Imtaq-Pendikar-Iptek adalah generasi pejuang kebenaran karena mereka memiliki Iman dan Ilmu yang seimbang. Iman mereka menuntunnya selalu berada di jalan yang benar dan ilmu mereka memudahkannya melaksanakan kebenaran. Keseimbangan Iman dan Ilmu inilah sebagai modal utama untuk menyelamatkan umat manusia di dunia ini, khususnya mengangkat derajat bangsa Indonesia  di mata dunia Internasional.

Agar pembelajaran kita di bidang pendidikan tidak menyesatkan umat manusia, maka saya mengajak kepada seluruh manusia dalam berbagai bidang agar sama-sama merapatkan barisan dengan bersinergis mensukseskan pendidikan Integrasi Imtaq-Pendikar-Iptek. Terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan peluang mensukseskan pelaksanaan  pembelajaran Integrasi Imtaq-Pendikar-Iptek lewat program Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal.

Semoga program PBKL di Indonesia dapat kita sukseskan pelaksanaannya secara dinamis yang dirahmati Allah SWT. Selamat berjuang, semoga rahmat Allah menjadi balasan hidup kita semua, khususnya teman yang bergerak dibidang pendidikan. Salam fastabiqulkhairat. Semoga tulisan ini bermanfaat buat penulis bersama saudara(i)ku.

Tidak ada komentar: