Rabu, 22 Februari 2012

CONTOH INDIKATOR PENDIKAR DALAM MATA PELAJARAN FISIKA

BISSMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM
CONTOH INDIKATOR
PEMBELAJARAN INTEGRASI PENDIKAR – IPTEK (FISIKA)
Oleh : SUYUTI, S.Pd., M.Si
(Guru SMA Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng)
Contoh : Materi Integrasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng.
 
Standar Kompetensi                  :   1.Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukuran
Kompetensi Dasar                   :   1.2. Melakukan penjumlahan vector
Indikator                                  : 1.2.3. Menjelaskan konsep jalan yang lurus pada QS. Al-Fatihah dengan  menggunakan analisis vektor (NK: Religius dan Toleransi)

Setelah Siswa mendapatkan Materi  tentang Penjumlahan Vektor dengan beberapa cara (indikator 1.2.1 dan 1.2.2.),  maka dapatlah diuraikan materi integrasi Imtaq - Pendikar seperti berikut ini.

Besaran vektor dapat diilustrasikan sebagai sebuah anak panah yang menunjukkan jalan yang lurus. Panjang anak panah itu menunjukkan besar atau nilai besaran vector tersebut dan arah panahnya menunjukkan arah vektornya. Jalan lurus di baca minimal 17 kali sehari pada saat melaksanakan salat lima waktu. Arah anak panah itu bermakna sebagai tujuan hidup yang benar (Akhirat ).
Jalan yang lurus sebagai titian bagi manusia ingin selamat yaitu Dinul Islam (QS.6:153).

Besaran vektor mengandung dua nilai mutlak yang merupakan bekal untuk selamat hidup manusia di dunia dan di akhirat. Kedua nilai tersebut sebagai berikut:

Panjang anak panah yang diartikan sebagai besar vektor ; mengandung makna kualitas (nilai) hidup yang dimiliki setiap hamba Allah untuk bekal hidup di dunia ini dan di Akhirat kelak.

Arah panah yang diartikan sebagai arah vektor; mengandung makna bahwa dalam hidup di dunia ini kita mutlak mempunyai tujuan yaitu kehidupan yang bahagia di akhirat. Jadi akhirat adalah tujuan akhir dalam hidup ini. Dalam hal ini, dunia adalah titik tangkap vector dan akhirat adalah arah vector.

Besaran vector dapat ditetapkan sebagai sebuah simbol besaran penghubung antara dunia dan akhirat. Dan garis penghubung itu adalah jalan yang lurus, sedangkan jalan yang lurus itu adalah hanya Agama Islam sebagai satu-satunya agama yang diridhoi Allah SWT (QS. 3: 19, 85), dan agama Islam merupakan rahmat Allah untuk seluruh manusia agar selamat hidup bahagia di dunia dan bahagia diakhirat kelak (QS. Al-‘Araaf (7) : 172).
Kesimpulannya adalah bahwa untuk selamat hidup di dunia dan di akhirat, maka mutlak harus melalui jalan yang lurus itu yaitu Agama Islam. Hal ini ditegaskan Allah SWT dalam firman-Nya berikut ini.

QS. Al Fatihah (1) : 6 , yang artinya : “ tunjukilah kami jalan yang lurus”!
QS. Yunus (10) : 5 yang artinya :” ... Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak (penuh hikmah/tujuan)669...”
QS. Ali Imran : 19, 85 yang artinya :” Sesunnguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam....” ”Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.”

Resultan vektor adalah penggabungan beberapa vector menjadi sebuah vektor yang senilai. Artinya sebuah vektor dapat dibangun oleh beberapa komponen vektor. Sebuah vektor itu dapat diilustrasikan sebagai tujuan hidup yang utama yaitu kebahagian Akhirat. Dan komponen-komponen vektor itu merupakan tujuan antara yang kita usahakan didunia untuk mencapai kebahagian hidup di dunia.
Komponen-komponen vektor itulah yang menunjukkan kualitas hidup (kehidupan yang dirahmati oleh Allah) yang menjadi bekal menuju ke resultan vektor sebagai jalan yang lurus. Jalan yang lurus itulah yang mengantarkan ke akhirat tempat dinikmatinya kualitas hidup setiap manusia.
Untuk memahami bagaimana gambaran implementasi hubungan vektor dengan peningkatan imtaq siswa, maka dapat diperhatikan illustrasi berikut ini !
Komponen-komponen vector (tujuan antara di Dunia)
illustrasi vector sebagai gambaran tujuan hidup menurut Agama Islam Sesuai QS. Al-An’am (6): 153 di atas

(Dunia Fanah) ---- Nilai vektor sangat terngatung pada Nilai kehidupan----- (Akhirat Kekal : Bahagia atau Sengsara)
Kebahagian di Dunia dan di Akhirat tergantung pada Nilai Pengabdian Kepada Allah di Dunia
Nilai vektor sangat terngatung pada Nilai kehidupan, Kehidupan Yang Bahagia adalah kehidupan yang dirdhoi oleh Allah SWT.

Integrasi Imtaq dapat diimplementasikan ke semua mata pelajaran. Selamat berfastabiqulkhaerat, semoga rahmat Allah dapat kita raih bersama khususnya dalam bidang pendidikan. Rahmat Allah sangat mudah diperoleh melalui membaca (QS. Al-Alaq : 1 - 5) yang didasari dengan keimanan yang benar (bersih dari sifat kesyirikan). Rahmat Allah adalah cita-citaku yang tertinggi dan mungkin juga anda.
Catatan : Semua orang  dapat menjelaskan hal di atas sesuai dengan konsep agama masing-masing, sebagai bagian dari imtaq-pendikar  khususnya nilai karakter RELIGIUS.

Tidak ada komentar: