Jumat, 24 Februari 2012

CONTOH SOAL CARA MENGUASAI PENERAPAN RUMUS GLBB INTEGRASI IMTAQ


 CONTOH SOAL CARA MENGUASAI PENERAPAN RUMUS GLBB INTEGRASI IMTAQ
Oleh: Suyuti, S.Pd., M.Si. (SMAN 1 Marioriwawo Soppeng Sul-Sel)
Contoh Soal Penguasaan Rumus GLBB

Dengan izin Allah SWT sebuah motor dapat bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan awal      vo = 10 m/s   dan    percepatannya a = 1 m/s2 . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, maka hitunglah kecepatan (v )dan perpindahannya (s ) motor setelah t = 5 sekon!
Jawab:  Dengan menerapkan  persamaan  (v = vo +  at) dan (s = so +  vo t  +  ½ at2) , maka insya Allah diperoleh   v = 15 m/s  dan s = 62,5 m.
Pengembangan Soal untuk menguasai rumus GLBB:Contoh Soal di atas diubah redaksinya dengan memisalkan besaran lain yang dicari (Yang diketahui sebelumnya sekarang menjadi dicari)

 Soal Pengembangannya menjadi:
 Dengan izin Allah SWT, dalam waktu 5 sekon sebuah motor dapat bergerak lurus berubah beraturan dengan kecepatan   v = 15 m/s   dan    perpindahannya 62,5 m . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, maka hitunglah percepatan (a)  dan kecepatan awal (vo )tersebut!
Jawab:  Dengan menerapkan  rumus s = so +  vo t  +  ½ at2  dan v = vo +  at  dan s = so +  vo t  +  ½ at2 , maka insya Allah diperoleh  a = 1 m/s2 dan  vo = 10 m/s .
Catatan : - Pengembangan (awalnya dicontohkan oleh guru dan selanjutnya menjadi tugas siswa)
-         Soal-soal yang sudah ada terus dikembangkan hingga para siswa menguasai rumus tersebut
-          Semua rumus Fisika dapat dibuatkan soal  dan pengembangannya lewat selembar kertas. 
Contoh Soal Penguasaan Rumus GLBB (+) dan GLBB (-) pada 
Gerak Vertikal


Dengan izin Allah SWT sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal     vo = 50 m/s  . Dengan memanfaatkan sifat mandiri dan potensi akademik yang diberikan Allah kepada anda, percepatan gravitasi g = 10 m/s2 , maka hitunglah waktu sampai di titik tertingi dan tinggi maksimum peluru!
Jawab:  Dengan menerapkan  persamaan  (v = vo +  gt) dan (h = vo t  +  ½ gt2vo2 /2g) , maka insya Allah diperoleh   t = 5 sekon dan          h  = 125 m.
Pengembangan Soal untuk menguasai rumus untuk gerak vertikal sama untk GLBB :Contoh Soal di atas diubah redaksinya dengan memisalkan besaran lain yang dicari (Yang diketahui sebelumnya sekarang menjadi dicari)  dst.


Semoga manfaat untuk saudara(i)ku
                                                 *** Imtaq - Iptek ***

1 komentar:

Suyuti Mappiabang, S.Pd., M.Si. mengatakan...

Assalamu 'Alakum Wr. Wb.
Salam dari SMANSARIO dan Selamat berfastabiqulkhairat di udara . Apapun kesibukan kita, marilah kita terus hanya ingat dan mentaati sang pencipta agar hidup ini beruntung (QS. Al-Jum'ah:9-11) : Untuk menjaga kesucian, Mari kita sama-sama menutup aurat sebelum ditutupi kain kafan; mari mensucikan diri sebelum dimandikan/dihisab; mari menjaga/mendirikan shalat sebelum dishalati, dan mari kita bertaubat sebelum maut menjemput! Maut adalah tamu tak diundang yang pasti datang. Kita semua harus sadar bahwa apapun kita kerja (tanam), maka itu pula yang akan kita dapatkan (petik/panen). Nilai hidup ini hanya tergantung pada nilai ketaatan kepada sang pencipta. Mari sukseskan pembelajaran integrasi Imtaq ke semua mapel!
dan selamat berjuang di bidang pendidikan serta salam Fastabiqulkhaerat di Blog "Indahnya Belajar Fisika". Semoga Allah merahmati lembaran baru setiap hari dan Marilah kita tetap terus menjadi agen pembawa kebenaran firman Allah. Rahmat Allah adalah cita-citaku yang tertinggi dan mungkin juga anda. Agar rahmat Allah menjadi balasan aktivitas kita di bidang pengajaran, maka marilah kita semua (guru dan peserta didik serta simpatisan pendidikan) sukseskan penerapan pembelajaran integrasi Imtaq - Pendikar dan Iptek ke semua mapel. Mari kita terus menyusun bahan ajar integrasi Imtaq - Pendikar dan Iptek ke semua mapel sampai pada contoh soal. Sehingga apapun aktivotas kita terus kita mnelibatkan Allah SWT agar hidup ini tidak sia-sia.
Tolong dibaca dan koreksi tulisan saya di Blog ini "Indahnya Belajar Fisika”
Terima kasih dan Selamat berjuang.
Wassalamu 'Alakum Wr. Wb.